EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA SOSIALWHATSAPPSEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) SANGGAR LATAH TUAHUIN SUSKA RIAU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa suatu organisasi membutuhkan media dalam berkomunikasi baik internal maupun eksternal organisasi. Dalam hal ini penelitian dilakukan terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Latah Tuah UIN SUSKA Riau. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp sebagai Media Komunikasi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Latah Tuah UIN SUSKA Riau.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Uses Gratification.Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Random Sampling yaitu teknik penentuan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu, adapun sampel yang diambil dari jumlah keseluruhan populasi sebanyak 100 orang anggota UKM Sanggar Latah Tuah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana.Antara teori dengan hasil uji di lapangan didapat bahwa anggota UKM Sanggar Latah Tuah UIN SUSKA Riau merasa senang menggunakan media sosial whatsapp pada organisasinya.Berdasarkan hasil Uji Secara Simultan (Uji F) didapat nilai F hitung sebesar 190.600 > F table sebesar 3,94 dengan signifikan probabilitas 0,000 > 0,05 diketahui bahwa variabel Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp sebagai Media Komunikasi Pada UKM Sanggar Latah Tuah UIN SUSKA Riau.Kemudian Uji Secara Parsial (Uji t) didapat nilai T hitung 8.912 > T table 1,9842 dengan tingkat signifikan 0,000 > α = 0,05 diketahui bahwa variabel Media Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp sebagai Media Komunikasi Pada UKM Sanggar Latah Tuah UIN SUSKA Riau.Hal ini dibuktikan bahwa sejauh ini UKM Sanggar Latah Tuah UIN SUSKA Riau memanfaatkan media sosial whatsapp sebagai media komunikasi dalam organisasinya. Kata Kunci :Efektivitas, Media Sosial, Media Komunikasi