Daftar Isi:
  • Informasi layanan kesehatan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Jiwa Tampan menjadi perhatian khusus bagi Humas Sakit Jiwa Tampan untuk menyebarluaskan informasi layanan kesehatan kepada pasien/keluarga pasien dan masyarakat umum, karena informasi mengarah pada pelayanan kesehatan, sehingga pasien/keluarga pasien dan masyarakat perlu mengetahui informasi tersebut. Humas Rumah Sakit Jiwa Tampan bertanggungjawab dalam memberikan informasi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni menggambarkan dan menjelaskan permasalahan yang diteliti dalam bentuk kalimat dan bukan bentuk angka-angka. Sebagai data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara penulis dengan informan kunci yang berjumlah 4 orang, kemudian hasil observasi dan dokumen-dokumen yang berada di Humas Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Sedangkan data sekundernya adalah dokumen serta berita yang berhubungan dengan Rumah Sakit Jiwa Tampan. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala BagianUmum 1 orang, Ka Sub Bagian Humas 1 orang, Staff Informasi & Pengaduan 1 orang. Sedangkan informan pelengkapnya adalah Staf Staff Dokumentasi & Publikasi1 orang 1 serta arsip-arsip dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan judul penelitian penulis. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Humas Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau, sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah Model Komunikasi Humas Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau Dalam Memberikan Informasi Kepada Pasien. Hasil penelitian penulis dari data dan wawancara yang telah penulis lakukan adalah model komunikasi mampu menjelaskan proses terjadinya komunikasi mulai dari komunikator, pesan, media, komunikan sampai mencapai feedback. Kata Kunci :Model Komunikasi, Humas, Informasi, Pasien