Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh sampel produk di toko New Ratu Cosmetic kompleks MTC Giant kecamatan Tampan yang penerapannya pada beberapa produk bedak mengakibatkan peningkatan penjualan atau meningkatnya keputusan pembelian customer, sedangkan ada satu produk yang juga menerapkan promosi penjualan melalui sampel produk, namun tingkat penjualannya di bawah produk lain yang juga memiliki sampel produk. Bahkan tingkat penjualnnya di bawah produk lain yang tidak memiliki sampel produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sampel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk bedak di toko New Ratu Cosmetic kompleks MTC Giant kecamatan Tampan. Penelitian ini dilaksanakan di toko New Ratu Cosmetic kompleks MTC Giant kecmatan Tamapan, yaitu di Jalan Soebrantas, kompleks MTC Giant No. 4 Blok. A Kec. Tampan, Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh customer toko New Ratu Cosmetic, yaitu sebanyak 500 orang. Adapun tekhnik pengambilan sampel penelitian mengunakan accidental sampling, yaitu sebanyak 41 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel sampel produk dangan variabel keputusan pembelian produk bedak di New Ratu Cosmetic kompleks MTC Giant, ini dapat dilihat dari nilai korelasi 0.838. uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian secara keseluruhan didapat nilai rhitung ≥ rtabel ( 0.316), dapat diartikan instrumen dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel atau dapat dipercaya. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diketahui bahwa 70.3% keputusan pembelian produk bedak di New Ratu Cosmetic dipengaruhi oleh sampel produk. Untuk menolak atau menerima hipotesis, maka digunakan uji t. Apabila thitung ≥ ttabel, maka hipotesis diterima. Hasil uji t variabel sampel produk didapat nilai thitung 9.603 dan ttabel 2.023 (9.603 ≥ 2.023), dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan sampel produk terhadap keputusan pembelian produk bedak di New Ratu Cosmetic. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sampel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk bedak di New Ratu Cosmetic. Tinjauan ekonomi syariah terhadap pelaksanaan sampel produk adalah sesuai dengan syariat Islam, karena promosi sampel produk dilakukan sesuai dengan promosi dalam sistem ekonomi syariah.