Daftar Isi:
  • Dewasa ini perkembangan kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan bagian dari pengembangan diri di sekolah menjadi suatu hal yang sangat penting. Selain banyak sekolah yang dikenal masyarakat karena prestasi di bidang akademis, tidak sedikit pula sekolah yang menjadi pilihan masyarakat karena memiliki prestasi di bidang nonakademis, yang diantaranya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Pondok Pesantren di Kabupaten Indragiri Hilir cukup banyak sekali meraih prestasi dalam bidang ekstrakurikuler dan menjadi juara baik tingkat kabupaten maupun propinsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai: 1) Bagaimana perencanaan program kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi non-akademik Santri pada Pondok Pesantren di Kabupaten Indragiri Hilir; 2) Bagaimana pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi non-akademik santri pada Pondok Pesantren di Kabupaten Indragiri Hilir; 3) Bagaimana evaluasi program kegiatan ekstrakurikuler terhadap peningkatan prestasi non-akademik Santri pada Pondok Pesantren di Kabupaten Indragiri Hilir; dan 4) Bagaimana implikasi program kegiatan ekstrakuri-kuler terhadap peningkatan prestasi non-akademik santri pada Pondok Pesantren di Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi peran serta, wawancara mendalam dengan sumber data utama/Informan dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interak tif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa perencanaan kegiatan ekstrakuri-kuler sudah diterapkan dengan baik penyusunan program kegiatan ekstrakurikuler melalui program rutin dan prioritas yang meliputi yaitu a) menanamkan nilai-nilai Islam; b) pembentukan ekstrakurikuler terpadu; c) peningkatan prestasi non-akademik siswa. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler meliputi : a) pembinaan secara kontinyu dan berkelanjutan ; b) student day; c) mengadakan seleksi ; d) pengiriman duta ke luar sekolah. Pelaksanaan evaluasi dilakukan dalam beberapa tahap. a) tiap minggu, b), tiap bulan c), akhir tahun dilaporkan kepada kepala sekolah. Teknik evaluasinya meliputi tes tertulis dan praktek dan rapat koordinasi tim ekstrakurikuler. Implikasi terhadap peningkatan prestasi nonakademik sebagai berikut : a) dapat mencerdaskan dan melatih kemandirian siswa; b) Madrasah di kenal masyarakat luas.