Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Jual beli secara online di situs belanja online yang bernama Shopee yang dilakukan masyarakat desa Parit Kebumen Kecamatan Rupat, dengan latar belakang masalahnya semakin meningkatnya masyarakat yang berbelanja online di Situs online shop Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui empat hal. Pertama adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan terhadap minat beli konsumen pada situs online Shopee di Desa Parit Kebumen. Kedua yaitu mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi resiko terhadap minat beli konsumen situs online Shopee. Ketiga mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan kepercayaan dan persepsi resiko terhadap minat beli konsumen pada situs online Shopee. Keempat menjelaskan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap jual beli di Situs Online Shopee di Desa Parit Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Analisis ini digunakan untuk mencari pengaruh dua variabel independen terhadap variabel dependen. Dimana variabel independen (X) adalah Kepercayaan (X1) dan Persepsi Resiko (X2), sedangkan variabel dependen (Y) adalah minat beli konsumen pada situs online Shopee. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner dengan populasi yang belum diketahui jumlahnya dan sampel sebanyak 60 konsumen online shop Shopee di Desa Parit Kebumen dengan menggunakan rumus Irawan. Kemudian dilakukan analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t, uji korelasi, dan uji koefisien determinasi (R2 ). Dengan analisis regresi linier berganda didapat hasil Y : 0,509 + 1,104 X1 + - 0,185 X2 + e. hasil uji hipotesis penelitian lewat uji t menunjukkan hasil variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05, dan persepsi resiko tidak berpengaruh psitif dan signifikan terhadap variabel minat beli. Kemudian melalui uji F dapat diketahui variabel kepercayaan dan persepsi resiko berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli konsumen dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05. Angka R2 menunjukkan bahwa kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 61% dan sisanya 39% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.