PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS IV SD NEGERI 020 PULAU KULUR KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Salti Deswira, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1475/1/2010_2011112.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1475/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri 020 Pulau Kulur Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri 020 Pulau Kulur Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi pada materi pokok Operasi hitung pecahan?” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SDN 020 Pulau Kulur Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi dan objeknya adalah penerapan pembelajaran kontekstual dan hasil belajar matematika murid. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tindakan yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan, rata-rata sebelum tindakan diperoleh 47,61% dan sesudah tindakan terdiri dari dua siklus, rata-rata siklus I diperoleh 66,66% dan rata-rata siklus II 80,95%. Pengambilan data pada penelitian ini adalah menggunakan Tes, Lembar Pengamatan dan Dokumentasi. Penulis memberikan tes setelah proses tindakan dilakukan. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik yaitu Test “t” yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid dengan baik. Hasil belajar murid sebelum dan sesudah tindakan dengan berpedoman pada nilai Test “t” dengan membandingkan to (t observasi) tt (t tabel), dimana df = 20 diperoleh angka 2,09 untuk taraf signifikan 5% dan 2,84 untuk taraf signifikan 1%. Dengan to = 7.255 lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,09 < 7,255 > 2,84) yang berarti hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian penerapan pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri 020 Pulau Kulur Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.