PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Irawati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1471/1/2010_201195.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1471/
ctrlnum 1471
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1471/</relation><title>PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION &#xD; (RME) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD &#xD; UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA &#xD; SISWA KELAS IV SDN 023 TERATAK KECAMATAN &#xD; RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Irawati, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika &#xD; siswa kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar &#xD; dengan menerapkan pendekatan RME dalam model pembelajaran kooperatfi tipe &#xD; STAD dengan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 023 &#xD; Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tahun ajaran 2009/ 2010 &#xD; dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini &#xD; adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam &#xD; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar &#xD; matematika. &#xD; Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri &#xD; dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan &#xD; kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran &#xD; penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian &#xD; tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, &#xD; Observasi dan Refleksi. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian &#xD; ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 023 Teratak &#xD; Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar pada materi pokok Pecahan. Rata-&#xD; rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase &#xD; ketercapaian KKMnya 24,3%, sedangkan hasil belajar siswa setelah tindakan &#xD; dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 75,6%, dengan &#xD; kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah &#xD; mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan &#xD; di atas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas &#xD; IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dapat &#xD; ditingkatkan melalui penerapan pendekatan RME dalam model pembelajaran &#xD; kooperatif tipe STAD.</description><date>2010-01-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1471/1/2010_201195.pdf</identifier><identifier> Irawati, (2010) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1471</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irawati,
title PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2010
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/1471/1/2010_201195.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1471/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dengan menerapkan pendekatan RME dalam model pembelajaran kooperatfi tipe STAD dengan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tahun ajaran 2009/ 2010 dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar pada materi pokok Pecahan. Rata- rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 24,3%, sedangkan hasil belajar siswa setelah tindakan dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 75,6%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas IV SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan RME dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
id IOS7815.1471
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:12Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:12Z
recordtype dc
_version_ 1674821882039238656
score 17.538404