UPAYA GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah sudah baik tetapi masih ada siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahbagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru fikih dan siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Adapun objeknya adalah bagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru fikih yang berjumlah 3 orang dan seluruh siswa yang mengalami kejenuhan belajar yang berjumlah 53 orang siswa. Dikarenakan jumlah populasi sedikit, maka tidak diambil sampel. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakanwawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dari penyajian dan analisis data penelitian yang di peroleh dari hasil wawancara dan angket upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru terdapat paa kategori “Baik”, dengan persentase 71,88%. Sedangkan wawancara untuk faktorfaktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yakni motivasi dan minat belajar siswa, lingkungan belajar yang kondusif, sarana dan fasilitas, dan pengalaman guru. Kata Kunci: Upaya Guru, Kejenuhan Belajar