PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang tidak bisa menjawab latihan yang diberikan guru, masih ada siswa yang tidak bisa mengidentifikasi apa yang ditanyakan guru, ketika guru memberikan latihan kebanyakan jawaban siswa sama dengan jawaban temannya dan pada saat diskusi masih ada siswa yang lebih banyak diam dan hanya mengikuti pelajaran. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperiment dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh strategi reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah test “t”. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 81,33 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 76,29. Berdasarkan perhitungan test “t”pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 2,000 yaitu lebih kecil dari thitung 2,505. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran reciprocal teaching memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Reciprocal Teaching dan Kemampuan Pemecahan Masalah