Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu mengikuti tadarus al-Quran sebelum memulai pembelajaran sebagai variabel X dan kemampuan membaca alQuran siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh mengikuti tadarus al-Quran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh mengikuti tadarus alQuran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru yang berjumlah 643 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 dan VIII.10 dan siswa yang tidak mengkuti tadarus al-Quran yang berjumlah 83 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis pengaruh mengikuti tadarus al-Quran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi serial. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara mengikuti tadarus al-Quran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru, hal ini terlihat dari hasil rch = 0,549 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,232 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,302. Atau 0,232 < 0,549 > 0,302. Dengan demikian Ha diterima H0 ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh mengikuti tadarus Al-Quran sebelum memulai pembelajaran terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Mengikuti Tadarus, Kemampuan Membaca Al-Quran