PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK PENINGKATAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SEJARAH PERSIAPAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SDN 026 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR

Main Author: Widia Arsita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1467/1/2010_201173.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1467/
Daftar Isi:
  • Memperhatikan kenyataan yang terjadi dilapangan pada siswa kelas Kelas V SDN 026 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi Sejarah Pristiwa Persiapan Kemerdekaan, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Learning Cycle dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Sejarah Pristiwa Persiapan Kemerdekaan Siswa Kelas V SDN 026 Rumbio Kecamatan Kampar Penelitian ini dilaksanakan di Siswa Kelas V SDN 026 Rumbio Kecamatan Kampar, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi minat belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial mencapai 71% dari keseluruhan siswa setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat dan telah mencapai 91% dari seluruh siswa. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Melalui Penerapan Strategi Learning Cycle Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Sejarah Persiapan Kemerdekaan Siswa Kelas V SDN 026 Rumbio Kecamatan Kampar akan meningkat “Diterima” artinya apabila diterapkan Strategi Learning Cycle secara benar dan sesuai maka dapat meningkatkan minat belajar siswa.