PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 22 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent PretestPosttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yang ditinjau dari pengetahuan awal matematika. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan ANOVA dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan penalaran matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. (2) Terdapat kontribusi antara pengetahuan awal matematika dengan penalaran matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengetahuan awal matematika terhadap penalaran matematis siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap penalaran matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 22 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Penalaran Matematis, Pengetahuan Awal Matematika