MODEL KOMUNIKASI BAZNAS SIAK DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM GEMAR SIAK BERZAKAT DI KABUPATEN SIAK
Daftar Isi:
- Total keseluruhan penduduk Kabupaten Siak tercatat pada tahun 2016 adalah 569.513 jiwa dengan mayoritas memeluk agama Islam, dimana kewajiban umat muslim adalah membayar zakat. Namun, masih banyak yang belum membayar zakatnya di BAZNAS Siak. BAZNAS Siak memiliki program Gemar Siak Berzakat, agar masyarakat mengetahui program tersebut dan masyarakat membayar zakatnya di BAZNAS Siak perlu adanya sosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi yang dilakukan BAZNAS Siak dalam mensosialisasikan program Gemar Siak Berzakat kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Siak. Teori yang digunakan yaitu model komunikasi Lasswell. Pendekatan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat diketahui bahwa model komunikasi yang dilakukan oleh BAZNAS Siak ialah menggunakan model komunikasi BAZNAS Siak ke masyarakat umum menggunakan media, model komunikasi BAZNAS Siak ke masyarakat umum dengan cara kegiatan sosialisasi langsung, model komunikasi BAZNAS Siak ke masyarakat umum dengan cara door to door, model komunikasi BAZNAS Siak ke masyarakat umum dengan cara ceramah, model komunikasi BAZNAS Siak ke perusahaan, model komunikasi BAZNAS Siak ke TNI/Polri, dan model komunikasi BAZNAS Siak ke PNS. Dengan adanya model komunikasi tersebut pada akhirnya informasi tentang program Gemar Siak Berzakat sampai kepada masyarakat sehingga kesadaran masyarakat untuk berzakat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun semenjak dilaksanakannya program Gemar Siak Berzakat. Kata kunci : Model Komunikasi, Sosialisasi, Program Gemar Siak Berzakat