Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik imitasi efektif digunakan dalam mereduksi perilaku merokok siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan pre eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas koseling kelompok dengan teknik imitasi untuk mereduksi perilaku merokok siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 851 siswa. Dikarenakan populasi cukup besar maka penulis melakukan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Penulis melakukan penarikan populasi dan sampel dengan menggunakan purposive sampling pada kelas VIII. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik imitasi efektif untuk mereduksi perilaku merokok siswa, dapat dilihat sebelum melaksanakan konseling kelompok dengan teknik imitasi bahwa pesentasenya adalah 77,176% dan setelah melaksanakan teknik persentasenya adalah 46,823%. Dan juga dapat dilihat pada nilai to ttabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% ( 2,26 9,049 3,25). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik imitasi efektif untuk mereduksi perilaku merokok siswa di sekolah menengah pertama negeri 22 Pekanbaru. Kata kunci: Efektivitas, Teknik Imitasi, Konseling Kelompok, Perilaku Merokok, Mereduksi