Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V di Sekolah Dasar Negeri 034 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, dan masih rendahnya prestasi siswa khususnya dibidang ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di Sekolah Dasar Negeri 034 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari korelasi nilai r 0,404 yang dibuktikan dengan uji korelasi dengan nilai robservasi sebesar 0,404 yang lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu sebesar 0,254 dan 0,214. Dengan demikian hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar tersebut tergolong sedang, karena nilai koefisien korelasi motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam adalah sebesar 0,404. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar