PENGARUH EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas Pengelolaan Kelas terhadap Interaksi Edukatif pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi edukatif yang ditandai dengan adanya siswa yang kurang aktif dalam belajar. Jenis penelitian ini penelitian ex post facto, subjek penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS dengan jumlah sampel 94 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah Efektivitas Pengelolaan Kelas dan Interaksi Edukatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh robservasi sebesar 0,673 lebih besar dari rt (tabel), baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,2028<0,673>0,2645). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara efektivitas pengelolaan kelas terhadap interaksi edukatif pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 tualang kecamatan tualang kabupaten siak. Besar persentase pengaruh efektivitas pengelolaan kelas terhadap interaksi edukatif pada mata pelajaran ekonomi sebesar 45,3 %, sedangkan sisanya sebesar 54,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Efektivitas Pengelolaan Kelas, Interaksi Edukatif