STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHEMOPOLY GAME PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran antara Discovery Learning dan Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media chemopoly game pada materi struktur atom kelas X MIA semester ganjil Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepenuhan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan menggunakan randomized pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dan diambil 2 kelas yaitu kelas X MIA 2 (eksperimen 1) dan kelas X MIA 3 (eksperimen 2). Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data akhir menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data diperoleh thitung = 2,526 > ttabel = 2,01 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan STAD pada pelajaran kimia kelas X MIA di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepenuhan. Kata Kunci: Discovery Learning, STAD, Chemopoly Game, Struktur Atom, Hasil Belajar.