PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun-Kepulauan Riau)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk akan mempertimbangkan kualitas dan harga yang ditawarkan. Selain kualitas dan harga, lokasi juga menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas poduk terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh secara simultan antara kualitas produk, harga dan lokasi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen dan bagaimana tinjauan ekonomi Syari’ah terhadap keputusan pembelian konsumen di pasar tradisional Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun-Kepulauan Riau. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah pedagang yang berjumlah 40 orang dengan sampel 20 pedagang, dengan menggunakan teknik Random Sampling. Karena jumlah konsumen tidak diketahui dengan pasti, oleh sebab itu diambil sampel 40 konsumen dengan teknik Accidental Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan document.. Selanjutnya penulis menganalisis data dengan metode kuantitatif yaitu pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 1,504+ 0.297X1 - 0.177X2 + 0.260X3. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa kualitas produk, harga dan lokasi penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini berdasarkan F hitung sebesar 95,203 > F tabel 2.866, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Namun berdasarkan uji parsial (uji t) kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan t hitung sebesar 5,366 > 2.028, sedangkan harga memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar -2,163 < -2.028. Sementara lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2,098 > 2.028. Sedangkan dari hasil koefisien determinasi (R i 2 ) sumbangan pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 88,8% dan sisanya 11,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak di masukkan dalam penelitian ini. Menurut ekonomi syari’ah, keputusan pembelian produk pakaian oleh konsumen di pasar tradisional Tanjungbatu Kota Kecamatn Kundur telah sesuai dengan nialai-nilai syari’ah, karena pembelian konsumen bertujuan bukan untuk bermegah-megahan, pemborosan (Israf) ataupun menghambur-hamburkan harta tanpa guna (tabzir) serta melampaui batas melainkan dijadikan sebagai pemenuhan terhadap kebutuhan primer (dharuri), sehingga dapat dikatakan pembelian pakaian oleh konsumen bertujuan untuk mencapai suatu maslahah yaitu sesuai dengan prinsip ekonomi syari’ah.