PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU
Daftar Isi:
- enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan kelas yang sudah baik, namun pembelajaran efektif belum maksimal diantaranya siswa kurang memperhatikan guru saat pembelajaran, siswa kurang memahami materi pembelajaran yang telah dijelaskan oleh guru dan siswa yang kurang disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengelolaan kelas dan pembelajaran efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah 432 orang siswa dengan jumlah sampel 82 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% (0,791 > 0,312) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Berdasarkan persentase pengaruh pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran ekonomi sebesar 62,5% berada pada rentang 61%-80% yang dikategorikan baik. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Efektif.