EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA STICK FIGURES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media stick figures untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di madrasah tsanawiyah al-munawwarah pekanbaru. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Apakah penggunaan media stick figures efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di madrasah tsanawiyah al-munawwarah pekanbaru ?”. penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dengan merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 madrasah tsanawiyah al-munawwarah pekanbaru tahun 2018-2019, dengan sampel siswa kelas 2 C dan 2 D madrasah tsanawisah al-munawwarah pekanbaru. Sabjek penelitian adalah siswa madrasah tsanawiyah al-munawwarah pekanbaru. Objek penelitian ini adalah efektifitas penggunaan media stick figuresuntuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di madrasah tsanawiyah almunawwarah pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan test.Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media stick figures efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di madrasah tsanawiyah al-munawwarah pekanbaru karena nilai To = 14,11 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 0,325 dan taraf signifikansi 5% = 0,250 Dengan begitu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan sebaliknya hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kata Kunci: Efektifitas, Media, Kemahiran Berbicara