Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab di MtsN Pariaman Selatan, sedangkan objeknya adalah Efektifitas Penggunaan WhatsApp Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa di MtsN Pariaman Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII MtsN Pariaman Selatan, TahunAjaran 2018/2019. dan sampelnya adalah siswa kelas VIII.C dan VIII.D. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini‌ adalah observasi, test dan dokumentasi. Untuk menganalisa data observasi digunakan persentase. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan rumus t-test.‌ Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas yang menggunakan Aplikasi WhatsApp sebagai tambahan pembelajaran dengan yang tidak menggunakan WhatsApp. Karena nilai To = 5.17 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan WhatsApp sebagai Tambahan Pembelajaran, efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosakata Arab Siswa MTsN Pariaman Selatan. Kata Kunci: Efektifitas, Penggunaan WhatsApp, Penguasaan Kosakata