Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh maqoshid syariah terhadap nilai perusahaan. (2) pengaruh aktivitas terhadap nilai perusahaan. (3) pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. (4) pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2017. Sampel penelitian ini adalah 6 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan metode yang digunakan adalah analisis data panel dengan metode fixed effect. Aplikasi yang digunakan adalah Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel aktivitas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. tetapi dilain sisi, aktivitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Variabel maqoshid syariah dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. akan tetapi, secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : Nilai Perusahaan, Maqoshid Syariah, Aktivitas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan