PENGARUH KETERAMPILAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dengan ditemukannya gejala-gejala masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas, masih ada siswa yang kurang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, masih ada siswa yang kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung, masih ada siswa yang asyik berbicara dengan kawan sebangkunya pada saat guru menerangkan pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa.Teknik pengumpulan data yaitu angket yang berisi tentang Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru dan Minat Belajar Siswa serta dokumentasi.Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis dengan SPSS ver.21.0 diperoleh ro (observasi) sebesar 0,619 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% (0,256) maupun 1% (0,333) atau (0,256 <0,619> 0,333) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Besar Persentase kontribusi pengaruh keterampilan pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap minat belajar siswa sebesar 38,3%, sedangkan sisanya 61,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Keterampilan Pemberian Penguatan (Reinforcement) oleh Guru, Minat Belajar Siswa