Daftar Isi:
  • Buku teks pelajaran yang ada di pasaran memiliki ukuran yang relatif besar, sehingga banyak siswa yang tidak membawa buku teks pelajaran ke sekolah atau hanya ditinggal di dalam loker dengan alasan berat. Solusi untuk membantu agar pembelajaran tetap berjalan efektif adalah dengan mendesain buku saku kimia berbasis kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku saku kimia berbasis kontekstual pada materi laju reaksi dan mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, serta respon siswa terhadap buku saku kimia yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media, 3 guru kimia, dan 10 siswa kelas XII MIA 3 MAN 1 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah buku saku kimia berbasis kontekstual pada materi laju reaksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket uji validitas, angket uji praktikalitas, angket uji respon siswa, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas buku saku kimia diperoleh sebesar 95,0% (sangat valid), tingkat praktikalitas diperoleh sebesar 92,3% (sangat praktis), dan respon siswa terhadap buku saku kimia diperoleh persentase sebesar 87,0% (sangat baik). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku saku kimia berbasis kontekstual pada materi laju reaksi dapat diujicobakan secara lebih luas. Kata Kunci: Buku Saku, Kontekstual, Laju Reaksi.