Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016, bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Asimetri Informasi dan Free Cash Flow terhadap Manajemen Laba. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang terdaftar di BEI. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berjimlah 11 perusahaan. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis data panel dan uji hipotesis menggunakan softwere Eviews 0.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Asimetri Informasi dan Free Cash Flow berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba dengan tingkat signifikannya 0.000000<0.05. Secara parsial dengan uji t, variabel Profitabilitas memiliki tingkat signifikan 0.0100<0.05 ini berarti Profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap Manajemen Laba. Leverage memiliki tingkat signifikan 0.9360>0.005 ini berarti leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Ukuran Perusahaan memiliki tingkat signifikan 0.0000<0.05 dan nilai koefisien yang negatif ini berarti Ukuran Perusahaan Berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap Maanjemen Laba. Asimetri Informasi memiliki tingkat signifikan 0.0184<0.05 ini berarti Asimetri Informasi berpengarih signifikan terhadap Manajemen Laba dengan arah positif. Free Cash Flow memiliki tingkat signifikan 0.9901>0.05 ini berarti Free Cash Flow tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Dari peneliian ini juga diperoleh nilai Koefisien Determinasi ( ) sebesar 0.955009 yang berarti variabel indenden mampu mempenggaruhi variabel dependen sebear 95.5% sisanya merupakan varian yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Asimetri Informasi, Free Cash Flow dan Manajemen Laba