Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban belajar terhadap kejenuhan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah beban belajar terhadap kejenuhan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumlah 590 orang. Dikarenakan populasi cukup besar maka penulis melakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan penarikan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara beban belajar dengan kejenuhan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru yakni sebesar 0.399 dengan tingkat probabilitas 0.000. Hal ini diperoleh dari robservasi> r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0.217<0.399>0.283 ). Berdasarkan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara beban belajar terhadap kejenuhan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Besar persentase pengaruh beban belajar terhadap kejenuhan belajar siswa sebesar 15.9% sedangkan sisanya sebesar 84.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini berguna bagi guru bimbingan konseling adalah sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan program pelayanan bimbingan konseling. Kata Kunci: Beban Belajar, Kejenuhan Belajar, Bimbingan Konseling