Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang, (2) untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pegawai tata usaha dan komite sekolah, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Selanjutnya teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian yang peneliti lakukan di SMA Negeri 1 Tambang yaitu “sudah optimal”. Hal ini dapat terlihat bahwa kepala sekolah melibatkan seluruh warga sekolah dalam mengambil suatu keputusan serta sekolah memiliki trasparansi dan akuntabilitas yang diwujudkan dalam bentuk laporan pertanggungjawaban setiap tahunnya. Adapun faktor pendukung dalam implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di sekolah menengah atas negeri 1 tambang yaitu (1) adanya peran warga sekolah dalam peningkatan manajemen berbasis sekolah, (2) adanya kerjasama antara komite sekolah dengan pihak sekolah mengenai anggaran dana dalam mendukung biaya program-program sekolah, dan (3) adanya pelatihan dan studi banding yang diadakan sekolah untuk meningkatkan motivasi serta aspek kepemimpinan warga sekolah. faktor penghambat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang yaitu masih adanya siswa yang kurang disiplin dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan sekolah. Kata Kunci: Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Sekolah