HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan pembelajaran efektif. Penelitian ini dilatarbelakangi lingkungan sekolah sudah bagus, baik itu lingkungan fisik dan sosial, sedangkan proses pembelajaran efektif masih belum maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah hubungan antara lingkungan sekolah dengan pembelajaran efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru dengan jumlah sampel 92 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% (0,757 > 0,205) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan pembelajaran efektif pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Berdasarkan penentuan tingkat hubungan yang dilakukan dengan interpretasi nilai r product moment terdapat hubungan yang kuat antara lingkungan sekolah dengan pembelajaran efektif dengan nilai person correlation yang dihasilkan sebesar 0,757 yang berada pada rentang 0,60-0,799 yang dikategorikan terdapat korelasi yang kuat. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah dan Pembelajaran Efektif.