Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sirojuttholibin Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Kuantan Singingi Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh madrasah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 33,33% atau berada pada kategori “Kurang Sekali”. Kemudian setelah menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 66,67% berada pada kategori “Cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 86,67% berada pada kategori “Amat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sirojuttholibin Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Kuantan Singingi. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Hasil Belajar.