PENGARUH IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA BABUSSALAM PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Babussalam Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PAI dan siswa kelas X MIPA dan objek penelitian ini adalah implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio dan motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PAI dan seluruh kelas X MIPA yang berjumlah 87 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Total sampling adalah mengambil sampel secara keseluruhan karena populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Koefisien Kontingensi yakni untuk mengetahui Pengaruh implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa di SMA Babussalam Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan penulis pada bab IV, nilai rhitung yaitu 0,317 dan rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,205 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 0,267 artinya rhitung > rtabel yakni 0,205 < 0,317 > 0,267 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Babussalam Pekanbaru. Kemudian, berdasarkan tabel interpretasi “r” , nilai 0,317 berada di antara 0,300 – 0,500 sehingga dapat diketahui pengaruh implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Babussalam Pekanbaru berada dalam kategori Sedang. Kata Kunci: Implementasi, Penilaian Pembelajaran, Portofolio dan Motivasi Belajar