Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari permasalahan sebagian siswa yang memiliki pemahaman yang baik tentang materi thaharah dalam mata pelajaran Fikih tetapi belum memiliki praktik pelaksanaan yang baik dan benar dalam melaksanakan wudhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemahaman materi thaharah dalam mata pelajaran Fikih terhadap praktik pelaksanaan wudhu siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Langgam Kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Langgam Kabupaten Pelalawan. Sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman materi thaharah dalam mata pelajaran Fikih terhadap praktik pelaksanaan wudhu siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Langgam Kabupaten Pelalawan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 37 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh karena keseluruhan populasi yang ada dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Perhitungan data dilakukan dengan bantuan aplikasi dan SPSS 16.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemahaman materi thaharah dalam mata pelajara Fikih terhadap praktik pelaksanaan wudhu siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Langgam Kabupaten Pelalawan, hal ini terlihat dari hasil r0 = 0,788 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,325 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,418. Atau 0,325 < 0,788 > 0,418. Dengan demikian Ha diterima H0 ditolak. yang mana korelasinya berada pada taraf kuat atau tinggi. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 0,621. Kontribusi pengaruh pemahaman materi thaharah dalam mata pelajaran Fikih terhadap praktik pelaksanaan wudhu siswa sebesar 62,1% selebihnya ditentukan variabel lain. Kata Kunci: Pemahaman Materi Thaharah, Praktik Pelaksanaan Wudhu