Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara konsep diri dan kebutuhan afiliasi dengan perilaku konsumtif terhadap kosmetik pada mahasiswi. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 307 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala konsep diri, skala kebutuhan afiliasi dan skala perilaku konsumtif terhadap kosmetik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda, hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara konsep diri dan kebutuhan afiliasi dengan perilaku konsumtif terhadap kosmetik dimana nilai koefisien korelasi (F) sebesar 86,820 dengan signifikansi (p) 0,000, maka p<0,01 artinya hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan antara konsep diri dan kebutuhan afiliasi dengan perilaku konsumtif terhadap kosmetik pada mahasiswi. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsep diri dan kebutuhan afiliasi memiliki kontribusi 35,9% terhadap perilaku konsumtif terhadap kosmetik, sisanya 64,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa konsep diri dan kebutuhan afiliasi dapat mempengaruhi perilaku konsumtif terhadap kosmetik. Kata kunci: Konsep diri, kebutuhan afiliasi, perilaku konsumtif terhadap kosmetik