Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Sungai Sirih Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 26 siswa kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending dan hasilbelajar.Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 60,00 dengan ketuntasan klasikal 46,15% setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 69,23 dengan ketuntasan klasikal 69,23% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,80 dengan ketuntasan klasikal 84,61%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009Sungai Sirih kecamatan Singingi kabupaten Kuantan Singingi. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending, Ilmu Pengetahuan Alam