Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian Belajar siswa Dengan Penguasaan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X s/d XII di SMA Negeri 9 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah hubungan kemandirian Belajar siswa dengan penguasaan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Populasinya adalah siswa kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 340 orang dan penulis mengambil sampel dengan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 77 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama (X) dan Variabel kedua (Y) bersifat ordinal dan interval. maka penulis menggunakan rumus product moment dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 17.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa kemandirian belajar dikategorikan “baik” dengan persentase 81.81%, dan penguasaan siswa terkategori “baik” dengan persentase 66.2%. Sedangkan hubungan kemandirian Belajar siswa dengan penguasaan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru, dengan Konstribusi kemandirian belajar dengan penguasaan siswa adalah 0.628x100% = 62,80% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.250<0.628>0.325, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa, Penguasaan Siswa