PENGARUH PENGETAHUAN GURU TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BPR SYARIAH AMPEK ANGKEK CANDUNG CABANG PAYAKUMBUH DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Madani Islamic School)
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya pengetahuan guru tentang perbankan syariah terhadap minat memilih produk BPR Syariah ampek Angkek Candung Cabang Payakumbuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Apakah ada pengaruh pengetahuan guru terhadap minat untuk memilih produk BPR Syariah ampek Angkek Candung dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah tentang pengetahuan guru terhadap minat untuk memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek Candung. Penelitian ini dilakukan di Madani Islamic School Payakumbuh yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta RT. 02 RW. 01 Kel. Bulakan Balai Kandi Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh Sumatera Barat.Populasi dalam penelitian ini adalah guru madani Islamic School yang berjumlah 105 orang dengan 31 sampel dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling (sampel kebetulan) denagn mengambil 31 orang guru yang paling mudah dijumpai. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, wawancara kuesioner, dan studi pustaka. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan mengguankan analisa regresi linier sederhana. Adapun langkah-langkahnya dengan cara mengumpulkan data untuk ditabulasikan, selanjutnya dilakukan uji validitas, reabilitas, normalitas, dan hipotesis kemudian dioalah dengan bantuan software SPSS 20.Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa pengetahuan guru terhadap minat memilih produk berpengaruh signifikan. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier sederhana Y = 6,369+0,645. Artianya adalah apabila pengetahuan guru tentang perbankan syariah terhadap minat memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek Candung diasumsikan bernilai no (0), maka minat guru terhadap produk BPR Sariah Ampek Angkek Candung tidak mengalami peningkatan sebesar 6,369. Dengan meningkatnya pengetahuan guru tentang perbankan syariah terhadap minat memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek Candung sebesar 1 satuan mak aminat guru dalam memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek Candung juga mengalami peningkatan sebesar 0,645. Pengetahuan guru tentang perbankan syariahterhadap minat memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek Candung menunjukkan nilai thitung (11,547) > ttabel (2,756) dengan nilai signifikan yang dihasilkan sebesar 0,000 masih berada dibawah 0,05, berdasarkan hasil ini bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Nilai R sebesar 0,906 atau 90,6% berarti terdapat hubungan antara pengetahuan guru terhadap minat memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek Candung sebesar 90,6%. Nilai R Squere sebesar 0,821 atau 82,1% pengetahuan guru dapat mempengaruhi minat dalam memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek iiCandung sementara sisanya 17,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Selanjutnya apabila ditinjau menurut ekonomi syariah pada hubungan antara pengetahuan guru terhadap minat memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek Candung ini belum bisa dikatakan baik karena jumlah dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang belum memadai serta teknologi informasi yang kurang mendukung pengembangan produk serta layanan. Walaupun promosi yang berpegang teguh pada aturan dan regulasi dalam Al-Quran dan Sunnah, serta sistem yang digunakan sesuai syariat Islam, maka guru Madani Islamic School kurang tertarik memilih produk BPR Syariah Ampek Angkek Candung Cabang Payakumbuh