Daftar Isi:
  • Tabungan dana pensiun adalah simpanan dalam mata uang rupiah berdasarkan prinsip mudharabah mutlaqah, yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat berdasarkan syarat-syarat dan ketentuan yang disepakati. Produk ini merupakan hasil kerja sama Bank Syariah Mandiri dengan PT. Taspen yang diperuntukan untuk Pegawai Negri Sipil di Indonesia.Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis tentang peningkatan jumlah nasabah tabungan dana pensiun pada PT.Bank Syariah Mandiri KCP Pariaman. Akan tetapi dalam perkembanganya terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat, terutama dalam pemasaran. Sehingga diperlukan manajemen pemasaran yang tepat, agar perbankan syariah dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pariaman.Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem manajeman pemasaran tabungan dana pensiun dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT.Bank Syariah Mandiri KCP Pariaman, Apakah faktor-faktor penghambat dan pendukung produk tabungan danapensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pariaman, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah tentang manajemen pemasaran produk tabungan dana pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pariaman.Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan PT.Bank Syariah Mandiri KCP Pariman yang berjumlah 9orang, dikarenakan populasi yang sedikit penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling sehingga semua populasi menjadi sampel, teknik pengambilan data dalam penelitian ini secara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Dari hasil penelitiansistem manajemen pemasaran tabungan dana pensiun pada Bank Syariah Mandiri KCP Pariaman meliputi tiga tahap yakni, yang pertama, perencanaanpemasarankedua implementasi pemasaran, sertayang ketiga adalahpengendalian pemasaran. Faktor pendukung PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pariaman dalam pemasaran produk tabungan dana pensiun adalah mayoritas penduduk Sumatera Barat dan Pariaman beragama Islam dan lokasi yang mudah dijangkau serta pelayanan prima terhadap nasabah. Faktor penghambat yang dihadapi Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Pariaman adanya pesaing bank lain dan kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) pemasaran yang kompeten serta tidak adanyafasilitas Anjungan Tunai Mandiri(ATM) untuk produk tabungan dana pensiun ini. iiTinjauan ekonomi syariahterhadap sistem manajeman pemasaran tabungan dana pensiun dalam meningkatkan jumlah nasabah padaPT. Bank Syariah Mandiri KCP Pariaman sudah sesuaidengan prinsip syariah, karenadalam sistem manajemennya sudah menerapkan prinsip marketing syariah yakni pada tahap perencanaanpemasaranyang mengutamakan prinsip Realistis atau Fleksibel,sedangkan pada tahap implementasi pemasaran menggunakan prinsip Humanis, dan pada tahap pengendalian pemasaran menggunakanprinsip Estis (Akhlaqaiyyah)