Daftar Isi:
  • Kota Pekanbaru saat ini sedang memprioritaskan pengembangan di sektor pariwisata dan investasi. Wisata Meeting, ncentive, Convention, and Exhibithion (MICE) menjadi sektor strategis yang terus ditingkatkan karena mampu menggerakkan perekonomian di segala lapisan masyarakat. Pengembangan di sektor pariwisata tidak sejalan dengan pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Pekanbaru. Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, tercatat adanya penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Pekanbaru dari 25.757 wisatawan pada tahun 2014 menjadi 24.399 wisatawan di tahun 2015. Kegiatan promosi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru dinilai belum berjalan maksimal dan belum mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pekanbaru. Kurangnya publikasi dan penyebaran informasi kepada wisatawan menjadikan wisatawan kurang tertarik untuk berkunjung ke Kota Pekanbaru. Selain itu, anggaran belanja kegiatan promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru belum mampu memenuhi target promosi yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem promosi pariwisata Kota Pekanbaru serta merancang dan membangun Sistem Informasi Pariwisata yang digunakan dalam penyebaran informasi kepariwisataan. Sistem dirancang menggunakan pendekatan Object Oriented Analysis and Design dengan model Unified Modelling Language. Sistem menggunakan fitur Google Map API untuk menampilkan peta Kota Pekanbaru. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Pariwisata yang digunakan sebagai media promosi pariwisata Kota Pekanbaru untuk memberikan referensi kondisi pariwisata Kota Pekanbaru kepada wisatawan agar mendukung keputusan untuk berwisata ke Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, Google Map API, OOAD, Sistem Informasi Pariwisata.