PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA PADA SISWA KELAS III SDN 011 PANCURAN GADING KECAMATAN TAPUNG

Main Author: Suhadi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1403/1/2010_201121.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1403/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Bumi dan Alam Semesta Pada Siswa Kelas III SDN 011 Pancuran Gading Kecamatan Tapung. Tulisan ini membahas tentang Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Bumi dan Alam Semesta . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april sampai Juni 2009. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes belajar. Dari data awal sebelum penerapan, hasil belajar siswa rata-rata hanya 54% kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar yaitu rata-rata 67% berkategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan lagi menjadi 75% juga berkategori sedang. Keadaan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer meningkat, meskipun ketuntasan individu belum tercapai 100%, namun ketuntasan kelas meningkat dari 54% sebelum tindakan, menjadi 67% pada siklus I, dan 75% pada siklus II. Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Bumi dan Alam Semesta Pada Siswa Kelas III SDN 011 Pancuran Gading Kecamatan Tapung. Strategi pembelajaran ini menyenangkan karena melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang disampaikan.