KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN WALI KELAS DALAM MENGATASI PRILAKU BOLOS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TAMBANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi prilaku bolos siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang (2) untuk mengetahui kerjasama guru bimbingan konseling dengan wali kelas dalam mengatasi prilaku bolos siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru bimbingan konseling ditambah dengan 3 orang wali kelas dan 3 orang siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis secara naratif yaitu menjelaskan dengan kalimat. Temuan Peneliti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bolos siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang adalah (1) kurangnya motivasi belajar yang jelas sangat mempengaruhi siswa (2) siswa cepat bosan karena gurunya pemarah dan kurang kreatif dalam memilih metode untuk menyampaikan materi kepada siswanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama guru bimbingan konseling dengan wali kelas di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang bahwa (1) Wali kelas menyampaikan permasalahan yang dialami oleh siswa kepada guru bimbingan konseling, kemudian guru bimbingan konseling memanggil siswa yang bersangkutan, setelah siswa mengahadap, guru bimbingan konseling memberikan pengarahan dan bimbingan kepada siswa yang melakukan bolos agar menjadi lebih baik.(2) Guru Bimbingan Konseling dan Wali Kelas mengirim surat panggilan untuk orang tua atau wali murid siswa yang melakukan bolos. (3) Guru Bimbingan Konseling dan Wali Kelas melakukan kunjungan rumah siswa yang melakukan bolos. Kata Kunci: Kerjasama Guru Bimbingan Konseling dengan Wali Kelas, Prilaku Bolos.