ctrlnum 13979
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/</relation><title>PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR</title><creator>INDRIANI PUTRI, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu penampilan guru dalam&#xD; mengajar (variabel bebas/variabel X) dan perhatian siswa pada mata pelajaran&#xD; Fikih (variabel terikat/variabel Y). Rumusan Masalah yang menjadi kajian dalam&#xD; penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penampilan guru dalam&#xD; mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah&#xD; Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk&#xD; mengetahui seberapa besar pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap&#xD; perhatian siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8&#xD; Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa Madrasah&#xD; Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh&#xD; penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran&#xD; Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Populasi dalam penelitian ini&#xD; adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar&#xD; yang berjumlah 140. Penarikan sampel menggunakan Proportionate Stratifield&#xD; Random Sampling dengan menarik sample 50 % dari masing &#x2013; masing kelas yaitu&#xD; sebanyak 70 siswa dan 1 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini&#xD; menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan&#xD; teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi keofisien Kontingensi&#xD; penghitungan data dilakukan secara manual. Berdasarkan penyajian pengolahan&#xD; data, diperoleh hasil bahwa Hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam&#xD; penelitian ini yakni &#x201C;ada pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap&#xD; perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8&#xD; Kampar&#x201D; diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan olahan data&#xD; diperoleh &#x3A6;0,623770 dan nilai r tabel product moment pada taraf signifikan 5%=&#xD; 0,302 sedangkan pada taraf signifikan 1%= 0,232. Dengan demikian dapat&#xD; dikatakan bahwa 0,302 &lt;0,623770 &gt;0,232. Berdasarkan tabel interpretasi, korelasi&#xD; kedua variabel ini terletak pada tingkat sedang yakni berada pada rentang interval&#xD; 0,40 &#x2013; 0,70. Selanjutnya berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi,&#xD; maka kontribusi penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada&#xD; mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar adalah sebesar&#xD; 38%.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Penampilan Guru dalam Mengajar, Perhatian Siswa</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/1/1.%20COVER_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/2/2.%20PENGESAHAN_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/3/3.%20ABSTRAK_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/4/4.%20PENGHARGAAN_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/6/6.%20BAB%20%20I_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/7/7.%20BAB%20II_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/8/8.%20BAB%20III_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/9/9.%20BAB%20IV_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/10/10.%20BAB%20V_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018921PAI.pdf</identifier><identifier> INDRIANI PUTRI, (2018) PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13979</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author INDRIANI PUTRI,
title PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR
publishDate 2018
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/13979/1/1.%20COVER_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/2/2.%20PENGESAHAN_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/3/3.%20ABSTRAK_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/4/4.%20PENGHARGAAN_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/6/6.%20BAB%20%20I_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/7/7.%20BAB%20II_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/8/8.%20BAB%20III_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/9/9.%20BAB%20IV_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/10/10.%20BAB%20V_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018921PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/
contents Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu penampilan guru dalam mengajar (variabel bebas/variabel X) dan perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih (variabel terikat/variabel Y). Rumusan Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar yang berjumlah 140. Penarikan sampel menggunakan Proportionate Stratifield Random Sampling dengan menarik sample 50 % dari masing – masing kelas yaitu sebanyak 70 siswa dan 1 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi keofisien Kontingensi penghitungan data dilakukan secara manual. Berdasarkan penyajian pengolahan data, diperoleh hasil bahwa Hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini yakni “ada pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar” diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan olahan data diperoleh Φ0,623770 dan nilai r tabel product moment pada taraf signifikan 5%= 0,302 sedangkan pada taraf signifikan 1%= 0,232. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 0,302 <0,623770 >0,232. Berdasarkan tabel interpretasi, korelasi kedua variabel ini terletak pada tingkat sedang yakni berada pada rentang interval 0,40 – 0,70. Selanjutnya berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi, maka kontribusi penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar adalah sebesar 38%. Kata Kunci: Penampilan Guru dalam Mengajar, Perhatian Siswa
id IOS7815.13979
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:11:26Z
last_indexed 2019-07-31T02:11:26Z
recordtype dc
_version_ 1674821999109603328
score 17.538404