PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR
ctrlnum |
13979 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/</relation><title>PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR</title><creator>INDRIANI PUTRI, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu penampilan guru dalam
mengajar (variabel bebas/variabel X) dan perhatian siswa pada mata pelajaran
Fikih (variabel terikat/variabel Y). Rumusan Masalah yang menjadi kajian dalam
penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penampilan guru dalam
mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap
perhatian siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8
Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa Madrasah
Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh
penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran
Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar
yang berjumlah 140. Penarikan sampel menggunakan Proportionate Stratifield
Random Sampling dengan menarik sample 50 % dari masing – masing kelas yaitu
sebanyak 70 siswa dan 1 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi keofisien Kontingensi
penghitungan data dilakukan secara manual. Berdasarkan penyajian pengolahan
data, diperoleh hasil bahwa Hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam
penelitian ini yakni “ada pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap
perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8
Kampar” diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan olahan data
diperoleh Φ0,623770 dan nilai r tabel product moment pada taraf signifikan 5%=
0,302 sedangkan pada taraf signifikan 1%= 0,232. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa 0,302 <0,623770 >0,232. Berdasarkan tabel interpretasi, korelasi
kedua variabel ini terletak pada tingkat sedang yakni berada pada rentang interval
0,40 – 0,70. Selanjutnya berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi,
maka kontribusi penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada
mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar adalah sebesar
38%.

Kata Kunci: Penampilan Guru dalam Mengajar, Perhatian Siswa</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/1/1.%20COVER_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/2/2.%20PENGESAHAN_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/3/3.%20ABSTRAK_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/4/4.%20PENGHARGAAN_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/6/6.%20BAB%20%20I_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/7/7.%20BAB%20II_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/8/8.%20BAB%20III_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/9/9.%20BAB%20IV_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/10/10.%20BAB%20V_2018921PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13979/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018921PAI.pdf</identifier><identifier> INDRIANI PUTRI, (2018) PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13979</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
INDRIANI PUTRI, |
title |
PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR |
publishDate |
2018 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13979/1/1.%20COVER_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/2/2.%20PENGESAHAN_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/3/3.%20ABSTRAK_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/4/4.%20PENGHARGAAN_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/6/6.%20BAB%20%20I_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/7/7.%20BAB%20II_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/8/8.%20BAB%20III_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/9/9.%20BAB%20IV_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/10/10.%20BAB%20V_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018921PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13979/ |
contents |
Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu penampilan guru dalam
mengajar (variabel bebas/variabel X) dan perhatian siswa pada mata pelajaran
Fikih (variabel terikat/variabel Y). Rumusan Masalah yang menjadi kajian dalam
penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penampilan guru dalam
mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap
perhatian siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8
Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa Madrasah
Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh
penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran
Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar
yang berjumlah 140. Penarikan sampel menggunakan Proportionate Stratifield
Random Sampling dengan menarik sample 50 % dari masing – masing kelas yaitu
sebanyak 70 siswa dan 1 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi keofisien Kontingensi
penghitungan data dilakukan secara manual. Berdasarkan penyajian pengolahan
data, diperoleh hasil bahwa Hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam
penelitian ini yakni “ada pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap
perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8
Kampar” diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan olahan data
diperoleh Φ0,623770 dan nilai r tabel product moment pada taraf signifikan 5%=
0,302 sedangkan pada taraf signifikan 1%= 0,232. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa 0,302 <0,623770 >0,232. Berdasarkan tabel interpretasi, korelasi
kedua variabel ini terletak pada tingkat sedang yakni berada pada rentang interval
0,40 – 0,70. Selanjutnya berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi,
maka kontribusi penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada
mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar adalah sebesar
38%.
Kata Kunci: Penampilan Guru dalam Mengajar, Perhatian Siswa |
id |
IOS7815.13979 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:11:26Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:11:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821999109603328 |
score |
17.538404 |