Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru melalui penerapan model cooperative learning type bamboo dancing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang subjek adalah guru dan siswa kelas VA Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning type bamboo dancing. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penerapan model cooperative learning type bamboo dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata sebesar 58,59% dengan kategori Kurang Baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat dengan rata-rata sebesar 72,15% dengan kategori Cukup Baik. Pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 83,43 dengan kategori Baik. Artinya ketuntasan hasil belajar siswa telah berhasil, yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning learning type bamboo dancing dengan baik dan benar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Bamboo Dancing