Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial dengan penerapan strategi Saling Mengajari di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Koto Tuo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya siswa mau menanggapi atau memberi pendapat setiap guru dan siswa memberikan pertanyaan, sebagian siswa tidak membuat rangkuman, selain itu siswa kurang mendengarkan penjelasan dari guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi saling mengajari dan aktivitas belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus setiap kali siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa penerapan strategi saling mengajari menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya 57,71%. Kemudian setelah menerapkan strategi saling mengajari pada siklus I aktivitas belajarsiswamencapai 67,90%. Padasiklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 80,24%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi saling mengajari dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Koto Tuo Kec XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Saling Mengajari, Aktivitas Belajar Siswa