Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe quiz Team di kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 21 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Tipe quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 47,62% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 66,67%. Pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 90,48% Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team, Hasil Belajar