Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru mata pelajaran ekonomi sebagai motivator dalam proses pembeajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terlihat siswa yang melakukan kegiatan yang kurang sesuai dengan sikap belajar siswa lain pada saat proses pembelajaran berlangsung di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang lebih mendalam. Tempat penelitian yaitu di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Subjek pada penelitian ini adalah peran guru sebagai motivator dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentsi. Teknik analisis data yang digunakan redaksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat di simpukan bahwa peran gutu mata pelajaran ekonomi sebagai motivator dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru dikategorikan “Baik” yaitu dengan persentase 77,42% yang berada pada rentang 61%-80%. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan bentuk-bentuk motivasi diberikan guru seperti guru menarik perhatian siswa, guru menumbuhkan motivasi siswa, guru memberikan acuan belajar kepada siswa, guru membuat kaitan belajar kepada siswa, guru merencanakan pembelajaran, guru menyajikan pelajaran kepada siswa, guru menggunaka media belajar, guru memberikan hadiah atau pujian kepada siswa, guru memberikan angka kepada siswa, guru meninjau kembali pelajaran, guru mengevaluasi pelajaran. Kata kunci: Guru, Motivator