PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament; apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang yang memiliki motivasi tinggi, sedang, dan rendah; apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru dengan sampel penelitian siswa kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki motivasi tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Kata kunci: Teams Games Tournament, Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar.