HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DNGAN KECANDUAN SMARTPHONE PADA MAHASISWA
Daftar Isi:
- Mahasiswa menggunakan smartphone sebagai upaya untuk mengelola stres akademik yang dialaminya, tetapi penggunaan yang berlebihan dan tidak terkontrol pada akhirnya akan dapat menimbulkan kecanduan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan kecanduan smartphone. Sampel penelitian 225 mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Alat ukur menggunakan skala kecanduan smartphone dan stres akademik. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan antara stres akademik dengan kecanduan smartphone pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Suska Riau. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment dari pearson’s diperoleh nilai koefisien korelasi (r=-0,448) dan probabilitas (p =0,000), artinya hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa stres akademik dan kecanduan smartphone berkorelasi secara positif. Hal ini menandakan bahwa semakin tinggi stres akademik maka semakin tinggi kecanduan smartphone pada mahasiswa. Analisis sumbangan per aspek menunjukan bahwa aspek psikososial memberi sumbangsih tertinggi (Rsq=22,34%) terhadap variabel kecanduan smartphone pada mahasiswa. Kata Kunci: Stres Akademik, Kecanduan Smartphone.