PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL UMMAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Siti Aisyah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1391/1/2012_20112541.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1391/ |
ctrlnum |
1391 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1391/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM
ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN
HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL
UMMAH KECAMATAN TAPUNG
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Siti Aisyah, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pretes
dan posttest, yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran kimia khususnya pada materi hidrokarbon yang disebabkan siswa
cendrung bersikap pasif dan malu bertanya serta tidak terjadi kerjasama antar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk
mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan
hidrokarbon di kelas X MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten
Kampar dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Kooperatif TAI
(Team Assisted Individualization). Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas
yaitu kelas X1 (kontrol) dan kelas X2 (eksperimen). Untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data
selisih nilai pretest dan postes antara kelas eksperimen dan kontrol. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas
sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu larutan elektrolit dan non
elektrolit, pretest dan posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Data awal dan
data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir
diperoleh nilai thitung = 2,51 dan ttabel = 2,01 dan menunjukkan thitung > ttabel.
Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil
belajar dengan peningkatan sebesar 9,7 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X
MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Team
Assisted Individualization), Hidrokarbon</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1391/1/2012_20112541.pdf</identifier><identifier> Siti Aisyah, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL UMMAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1391</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Siti Aisyah, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM
ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN
HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL
UMMAH KECAMATAN TAPUNG
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2011 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1391/1/2012_20112541.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1391/ |
contents |
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pretes
dan posttest, yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran kimia khususnya pada materi hidrokarbon yang disebabkan siswa
cendrung bersikap pasif dan malu bertanya serta tidak terjadi kerjasama antar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk
mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan
hidrokarbon di kelas X MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten
Kampar dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Kooperatif TAI
(Team Assisted Individualization). Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas
yaitu kelas X1 (kontrol) dan kelas X2 (eksperimen). Untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data
selisih nilai pretest dan postes antara kelas eksperimen dan kontrol. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas
sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu larutan elektrolit dan non
elektrolit, pretest dan posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Data awal dan
data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir
diperoleh nilai thitung = 2,51 dan ttabel = 2,01 dan menunjukkan thitung > ttabel.
Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil
belajar dengan peningkatan sebesar 9,7 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X
MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Team
Assisted Individualization), Hidrokarbon |
id |
IOS7815.1391 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821881769754624 |
score |
17.538404 |