PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL UMMAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Siti Aisyah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1391/1/2012_20112541.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1391/
ctrlnum 1391
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1391/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM&#xD; ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN&#xD; HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN&#xD; HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL&#xD; UMMAH KECAMATAN TAPUNG&#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Siti Aisyah, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pretes&#xD; dan posttest, yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata&#xD; pelajaran kimia khususnya pada materi hidrokarbon yang disebabkan siswa&#xD; cendrung bersikap pasif dan malu bertanya serta tidak terjadi kerjasama antar&#xD; siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk&#xD; mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan&#xD; hidrokarbon di kelas X MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten&#xD; Kampar dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Kooperatif TAI&#xD; (Team Assisted Individualization). Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas&#xD; yaitu kelas X1 (kontrol) dan kelas X2 (eksperimen). Untuk mengetahui&#xD; peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data&#xD; selisih nilai pretest dan postes antara kelas eksperimen dan kontrol. Teknik&#xD; pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas&#xD; sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu larutan elektrolit dan non&#xD; elektrolit, pretest dan posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Data awal dan&#xD; data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir&#xD; diperoleh nilai thitung = 2,51 dan ttabel = 2,01 dan menunjukkan thitung &gt; ttabel.&#xD; Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil&#xD; belajar dengan peningkatan sebesar 9,7 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan&#xD; model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X&#xD; MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.&#xD; Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Team&#xD; Assisted Individualization), Hidrokarbon</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1391/1/2012_20112541.pdf</identifier><identifier> Siti Aisyah, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL UMMAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1391</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Siti Aisyah,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MA HIMMATUL UMMAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2011
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/1391/1/2012_20112541.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1391/
contents Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pretes dan posttest, yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya pada materi hidrokarbon yang disebabkan siswa cendrung bersikap pasif dan malu bertanya serta tidak terjadi kerjasama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X1 (kontrol) dan kelas X2 (eksperimen). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretest dan postes antara kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu larutan elektrolit dan non elektrolit, pretest dan posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,51 dan ttabel = 2,01 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 9,7 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X MA Himmatul Ummah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization), Hidrokarbon
id IOS7815.1391
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
recordtype dc
_version_ 1674821881769754624
score 17.538404