Daftar Isi:
  • Adapun penelitian berawal dari permasalahan apakah ada hubungan yang signifikan antar keaktifan mengikuti bimbingan belajar dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam mengikuti bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Siak Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keaktifan mengikuti bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keaktifan mengikuti bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara keaktifan mengikuti bimbingan belajar terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Siak Hulu? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam mengikuti bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Siak Hulu? Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII yang berjumlah 350 orang. Karena jumlah populasi terlalu banyak maka penulis mengambil sampel sebanyak 25% dari setiap kelas yaitu jumlah sampelnya adalah 88 siswa. Penulis mengambil sampel dengan teknik Purposive Random Sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan nilai korelasi yang dihasilkan sebesar 0,641atau 64,1% berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan bimbingan belajar terhadap hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Siak Hulu Kata Kunci: Hubungan, Vitalitas Mengikuti Bimbingan Pendidikan, Hasil Belajar