Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya gejala-gejala permasalahan yaitu masih ada guru yang kurang dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan belum mengembangkan alat atau media secara optimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 13 Pekanbaru. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh guru bidang studi ekonomi, sedangkan objek pada penelitian ini adalah analisis kompetensi profesional guru pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kompetensi profesional guru pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 13 Pekanbaru yang tergolong baik dengan persentase 74,23%, yang terletak pada interval 61%-80%. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru pada indikator guru ekonomi memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah tergolong sangat baik, sementara indikator lainnya yaitu memahami struktur, konsep, dan metode keilmuan yang menaungi atau koheren dengan materi ajar, menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari, memahami hubungan konsep antara mata pelajaran terkait dan penguasaan langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam pengetahuan atau materi bidang studi tergolong baik. Kata Kunci: Kompetensi Profesional dan Guru Ekonomi.