PENGARUH PENERAPAN STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTIONS (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center) masih di terapkan pada kurikulum 2013 dan kemampuan kognitif kimia siswa pada materi ikatan kimia masih di bawah Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran learning start with a questions (LSQ) terhadap kemampuan kognitif siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Multimekanik Masmur Pekanbaru. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling dan diperoleh kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttes sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,50 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Pada analisis kemampuan kognitif, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 78,33% sementara kelas kontrol yaitu 72,93%. Pada taksonomi Bloom terdapat perbedaan pada aspek C1, C2, dan C3 di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini dapat simpulkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan strategilearning start with a questions (LSQ) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi ikatan kimia dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 10%. Kata Kunci: Strategi Learning Start With A Questions (LSQ) Kemampuan Kognitif, Ikatan Kimia